Share it

Rabu, 30 November 2011

Penyebab Pipa AC Membeku

Penyebab pipa pada Air Conditioner/AC membeku atau menjadi gumpalan es seperti salju adalah sebagai berikut :

1. Indoor dan outdoor sudah kotor

Pada unit Air Conditioner (AC) yang sudah kotor dan jarang dilakukan perawatan (service) Air Conditioner (AC) secara rutin dapat menyebabkan unit Air Conditioner (AC) tersebut mengalami penurunan kualitas pendinginan. Hal ini dapat terlihat dengan terjadinya pembekuan pada pipa Air Conditioner (AC) yang besar, ini disebabkan karena flow angin yang dihembuskan oleh unit indoor maupun outdoor menjadi tidak lancar yang dikarenakan terhambatnya sirip-sirip evaporator dan condenser oleh debu dan kotoran.


2. Kipas (blower) indoor mati

Kipas (blower) pada indoor jika tidak berfungsi (mati) dapat menyebabkan pipa-pipa AC membeku, hal ini dikarenakan freon (refirgerant) yang sudah terkompresi dan berubah menjadi cair (liquid) dan mengalir pada evaporator indoor tidak dapat menyerap panas tanpa bantuan dari blower. Secara visual pada unit Air Conditioner (AC) akan terlihat membeku pada pipa 1/4" dan pipa 3/8" (ukuran AC 1/2 pk, 3/4 pk dan 1 pk)


3. Kurang Freon (Refrigerant)

Untuk kasus kekurangan Freon (Refrigerant) perlu diketahui bahwa Freon (Refrigerant) untuk unit Air Conditioner (AC) pada umumnya memiliki tekanan antara 65 psi sampai dengan 75 psi. Tekanan ini dapat dilihat dengan menggunakan Manifold Gauge (Alat pengukur tekanan Air Conditioner (AC)). Apabila Freon (Refrigerant) yang terdapat pada unit menunjukkan angka tekanan dibawah nilai pada umumnya, maka harus dilakukan tindakan pengisian Freon (Refrigerant). Pada saat dilakukan pengisian perlu diperhatikan Ampere dari unit tersebut jangan sampai melebihi kapasitasnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini